CACING HATI ( FASCIOLA HEPATICA ) - Make You Smarter Blog

Posted by Education World on Sunday, 18 March 2012


Make You Smater Blog - Cacing Hati termasuk kedalam golongan Trematoda atau cacing hisap. Disebut cacing hisap karena cacing ini memiliki alat pengisap. Alat pengisap terdapat pada mulut di bagian anterior. Alat hisap (Sucker) ini untuk menempel pada tubuh inangnya berupa ternak , dan jika hati ternak yang ada cacingnya ini kita makan maka kita akan kena Fasciolasis.
            Pada saat menempel cacing ini mengisap makanan berupa cairan tubuh inangnya atau jaringan tubuhnya . Trematoda kebanyakan merupakan hewan parasit karena berada pada tubuh mahkluk hidup , merugikan karena mengambil bahan organik yang tersedia di inangnya. Trematoda dewasa pada umumnya hidup di dalam hati, usus, paru-paru, ginjal, pembuluh darah vertebrata , Ternak , Ikan , Manusia,dll.
            Trematoda berlindung di dalam tubuh inangnya dengan melapisi permukaan tubuhnya dengan kutikula. Permukaan tubuhnya tidak memiliki silia. Contoh Trematoda adalah cacing hati ( Fasciola hepatica ) di ternak , Chlonorsis sinensis di Ikan 
            Cacing hati ini memiliki daur hidup yang kompleks karena melibatkan sedikitnya dua jenis inang, dua inang itu yaitu inang utama berupa ternak / ikan dan manusia dan inang sebagai perantara siput air ( Lymnea truncatula ). 
Daur hidup Cacing hati terdiri dari 
1. Fase seksual : di inang utama (saat cacing hati dewasa) 
2. Fase aseksual : di inang perantara ( tubuh siput) dengan membelah diri yang terjadi pada larva atau sering dikenal dengan istilah Paedogenesis  Larvanya berubah 3 kali , 3 kali perubahan dan terjadi Paedogenesis di tubuh siput  Lymnea yaitu berupa larva Sporosis, Redia dan Cercaria 

            Urutan siklus daur hidup cacing hati adalah sebagai berikut :
            Telur - Mirasidium - Sporosis - Redia - Cercaria - MetaCercaria -Metacercaria berekor berenang ke tanaman sekitar air - dimakan  Inang utama - masuk jadi Cacing Dewasa-telur 

SIKLUS HIDUP CACING HATI ( Fasciola hepatica ) 
  • Di tubuh inang utama ( ternak , ikan , manusia ), Cacing dewasa hidup di hati dan bertelur di dalam usus. Jika inang utama buang air besar, maka telur cacing hati tersebut akan keluar bersamaan dengan faeses hewan tersebut.
  • Buang air besar sembarangan di lingkungan.
  • Telur bersama faeses terbuang ke air 
  • Telur menetas jadi larva dengan cilia ( rambut getar ) diseluruh permukaan tubuhnya membentuk larva Mirasidium yang kemudian berenang mencari siput Lymnea Mirasidium. Mirasidium ini akan mati bila tidak segera masuk ke dalam tubuh siput air tawar ( Lymnea truncatula ).
  • Mirasidium setelah berada di siput berubah menjadi Sporosis (menetap dalam tubuh siput selama 2 minggu).
  • Larva larva itu punya kemampuan reproduksi secara asexual dengan cara Paedogenesis didalam tubuh siput sehinga terbentuk banyak larva , larva sporosis melakukan paedogenesis menjadi beberapa redia 
  • larva Redia melakukan paedogenesis menjadi Serkaria 
  • Larva serkaria kemudian berekor menjadi metacercaria dan segera keluar dari siput berenang mencari tanaman yang ada di pinggir perairan misalnya rumput . Metaserkaria membungkus diri berupa kista yang dapat bertahan lama menempel pada rumput atau tumbuhan air sekitarnya
  • Apabila rumput tersebut termakan oleh domba, maka kista dapat menembus dinding ususnya, kemudian masuk ke dalam hati, saluran empedu dan dewasa di sana untuk beberapa bulan. Cacing dewasa bertelur kembali dan siklus ini terulang lagi.
Beberapa jenis cacing hati yang dapat menginfeksi manusia antara lain sebagai berikut : 
*      Opisthorchis sinensis ( Cacing hati cina ) cacing dewasa hidup pada organ hati manusia. Inang perantaranya adalah siput air dan ikan.
*      Schistosoma japonicum, Cacing ini hidup di dalam pembuluh darah pada saluran pencernaan manusia.
*      Oncomelania hupensis, Cacing ini menyebabkan penyakit skistosomiasis dengan ciri demam, anemia, disentri,berat badan turun, dan pembengkakan hati.
*      Paragonimus westermani, Cacing ini hidup dalam paru-paru manusia. Inang perantaranya adalah udang air tawar.

{ 2 comments... read them below or add one }

Anastasia Destania Fingkianata said...

makasi infonya, jadi mudah buat rangkuman cacing hati ..

Ramadan Saleh said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA GOIB 2D 3D ATAU 4D SILAHKAN HUB KY JOKO DI NOMOR 0852-1370-3488. SAYA SUDAH MEMBUKTIKNNYA, KEMARIN SAYA MENANG 100 JUTA BERKAT ANGKA YANG DIBERIKAN KY JOKO. KALAU TIDAK PERCAYA BUKTIKAN SENDIRI!!!








JIKA ANDA BUTUH ANGKA GOIB 2D 3D ATAU 4D SILAHKAN HUB KY JOKO DI NOMOR 0852-1370-3488. SAYA SUDAH MEMBUKTIKNNYA, KEMARIN SAYA MENANG 100 JUTA BERKAT ANGKA YANG DIBERIKAN KY JOKO. KALAU TIDAK PERCAYA BUKTIKAN SENDIRI!!!








JIKA ANDA BUTUH ANGKA GOIB 2D 3D ATAU 4D SILAHKAN HUB KY JOKO DI NOMOR 0852-1370-3488. SAYA SUDAH MEMBUKTIKNNYA, KEMARIN SAYA MENANG 100 JUTA BERKAT ANGKA YANG DIBERIKAN KY JOKO. KALAU TIDAK PERCAYA BUKTIKAN SENDIRI!!!

Post a Comment