Bioremediasi - Make You Smarter Blog

Posted by Education World on Wednesday, 18 April 2012


Make You Smarter Blog - Bioremediasi adalah proses biologi untuk mendegradasikan dan mengubah Polutan aktif dialam sehingga menurunkan daya dukung lingkungan menjadikan normal kembali , misalnya anorganic berbahaya (hidrokarbon) / sampah organik menjadi zat yang tidak berbahaya di dalam tanah, permukaan material, air, lumpur dan residu dengan menggunakan mikroorganik seperti bakteri, plant dan jamur.

Kasus Sampah kota
  • Penanganan sampah yang terintegrasi bertujuan untuk meminimalkan atau mengurangi sampah yang terangkut menuju pemrosesan akhir. 
  • Pengelolaan sampah yang hanya mengandalkan proses kumpul-angkut-buang dan proses KUMPUL – OLAH – ANGKUT – OLAH – BUANG akan menyisakan permasalahan dan kendala, antara lain untuk pembuangan akhir, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan konsep 
  • Transformasi Sampah melalui reduksi volume sampah dan penyediaan sarana fasilitas sampah untuk menghasilkan sumber daya yang bermanfaat seerti kompos dan metan sebagai bahan baku sumber energi. 
  • Melalui Transformasi Sampah selain hasil akhir dari pengelolaan yang diharapkan akan menghasilkan zero waste juga akan menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. 
  • Setiap Kota di Indonesia diperkirakan pada tahun-tahun mendatang akan mengalami penambahan penduduk yang cukup besar sehingga pembuangan sampah akan mengalami peningkatan yang jika tidak segera diatasi dengan pola bioremediasi skala industri ya amburadul. OK 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment