Macam-Macam Bunga - Make You Smarter Blog

Posted by Education World on Sunday, 10 June 2012


Make You Smarter Blog - Bunga ( flos ) adalah bagian tanaman dari divisi Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup), yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan ( reproduksi ). Oleh karena berfungsi sebagai alat perkembangbiakan, maka bunga dilengkapi organ reproduksi yang berupa benang sari dan putik.
            Bunga-bunga di alam yang beraneka ragam bentuknya ini, dapat dikelompokkan berdasarkan :

1. Tipe Bunga
            Berdasarkan tipenya, bunga dibagi menjadi :
  • Bunga tunggal 
            Pada bunga tunggal, satu tangkai hanya mendukung satu        bunga saja. Bagian-bagian bunga tunggal terdiri atas        tangkai bunga (pedicel), dasar bunga (receptacle),     kelopak (calyx),  mahkota (corolla), benang sari (stamen),   dan putik (pistillum).
  • Bunga majemuk.
            Pada bunga majemuk, satu tangkai mendukung banyak          bunga.
Bunga majemuk dapat dibedakan menjadi bunga majemuk terbatas dan bunga majemuk tidak terbatas. Contoh bunga majemuk terbatas adalah monochasium yang terdiri atas monochasium tunggal, sekrup, dan bercabang seling; dichasium yang terdiri atas dichasium tunggal dan dichasium majemuk; pleiochasium; bunga kipas dan bunga sabit.
            Bunga majemuk tidak terbatas dibedakan menjadi bunga majemuk dengan ibu tangkai tidak bercabang dan bunga majemuk dengan ibu tangkai bercabang. Tipe lain bunga majemuk adalah bunga karangan semu, cyathium, berkas, tukal, dan lembing.

2. Berdasarkan kelengkapan bagian bunga
            Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, bunga dibedakan menjadi bunga lengkap, bunga tidak lengkap, bunga sempurna (biseksual/hermaprodit) dan bunga tidak sempurna (uniseksual). Bunga uniseksual terdiri atas bunga jantan dan bunga betina.

3.Berdasarkan jumlah bunga  
            Berdasarkan jumlah bunga, tumbuhan dapat dibedakan menjadi tumbuhan berbunga tunggal (planta uniflora) dan tumbuhan berbunga banyak (planta multiflora)

            Suatu bunga dikatakan sebagai bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga. Empat bagian utama bunga (dari luar ke dalam) adalah sebagai berikut:
·           Kelopak bunga atau calyx;
·           Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warni untuk memikat serangga      yang membantu proses penyerbukan;
·           Alat kelamin jantan atau androecium (dari bahasa Yunani andros oikia: rumah pria) berupa benang      sari;
·           Alat kelamin betina atau gynoecium (dari bahasa Yunani gynaikos oikia: “rumah wanita”) berupa         putik.

Bagian-bagian dari struktur bunga lengkap :

·            Tangkai Bunga ( Pedicel )
                      Tangkai merupakan bagian bawah dari suatu bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang atau tempat melekatnya bunga serta sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting
·            Kelopak Bunga ( Calix )
               Bagian ini berfungsi sebagai pelindung mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
·            Mahkota Bunga ( Corolla)
               Mahkota bunga biasanya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut sebagai perhiasan bunga ( Periantheum ). Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga, untuk membantu proses penyerbukan.
·            Putik ( Pistillum / alat kelamin betina )
               Bagian ini terletak di bagian tengah-tengah bunga dan biasanya dikelilingi oleh benang sari. Putik terdiri atas :
ü  kepala putik (stigma), tempat terjadinya proses penyerbukan,
ü  tangkai putik (stillus) terletak di bagian yang akan menjadi buah dan Biji, dan berfungsi untuk menopang kepala putik
ü  bakal buah (ovarium)  
ü  bakal biji (ovullum)
·            Benang Sari ( Stamen / alat kelamin jantan )
               Terletak pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga, bersifat ringan dan mudah terbang tertiup angin. Terdiri atas tangkai sari (filamen) dan kepala sari (anthera), tempat dihasilkannya serbuk sari (pollen). Dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupu-kupu atau serangga yang hinggap untuk proses penyerbukan.
·            Dasar bunga 
               Bagian ini terletak di pangkal bunga, tempat melekatnya perhiasan bunga dan alat pembiakan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment