SIKAP RELIGIUS PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI "SAJAK SEPANJANG JALAN" KARYA EMHA AINUN NAJIB - Make You Smarter Blog

Posted by Education World on Sunday, 5 August 2012


ABSTRAK SKRIPSI

SIKAP RELIGIUS PENGARANG DALAM KUMPULAN
PUISI "SAJAK SEPANJANG JALAN" KARYA EMHA AINUN NAJIB.

Penelitian ini didasari oleh suatu anggapan bahwa karya sastra merupakan hasil imajinasi pengarang yang diserap dari kehidupan nyata. Oleh karena itu untuk memahami karya sastra tidak bisa dilepaskan sama sekali dari nafas religius yang ada. Dalam arti nilai-nilai sekaligus juga perlu dipertimbangkan dalam memahami sebuah puisi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan refleksi sikap religius pengarang Emha Ainun Najib yang digambarkan dalam kumpulan puisi "Sajak Sepanjang Jalan". Adapun secara khusus bertujuan untuk memperoleh gambaran religiusitas tentang (1) Hubungan manusia dengan Allah, dan (2) Hubungan manusia dengan manusia.
Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Puisi yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini, adalah subjek data dalam penelitian ini berupaya bait-bait puisi yang ada dalam kumpulan puisi "Sajak Sepanjang Jalan" Karya Emha Ainun Najib. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan diatas, langkah-langkah yang ditempuh meliputi (1) Menganalisis data penelitian, (2) Mengklasifikasikan masing-masing data berdasarkan aspek yang diteliti, dan (3) Menyimpulkan hasil penelitian.
Bertitik tolak pada tujuan dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Hubungan manusia dengan Allah, tercermin pada sikap tawadhu'. Ridla, tawakal, dan ikhlas, dan (2) Hubungan manusia dengan manusia tercermin pada persahabatan yang kokoh ataupun yang rapuh, kesetiaan, penghianatan, kekeluargaan, hubungan suami istri, hubungan buruh majikan, dan atasan bawahan.
Bertitik tolak pada hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kumpulan puisi "Sajak Sepanjang Jalan" menggambarkan sikap religius pengarang yang islami. Disamping itu prilaku religiusitas Emha Ainun Najib sangat mempengaruhi hadirnya puisi tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment