Tips LOLOS Ujian Saringan Masuk STAN

Posted by Education World on Sunday, 2 September 2012


Resep :
DOA
USAHA
SKILL
RESTU ORTU
SEJUMWUT KEBERUNTUNGAN
Proses :
Mau Ikut USM STAN 2007 ?PENGEN BANGET DUNKS GW!!!!
Mesti siap-siap tuh… saingannya buuuanyak bro!
Tapi tenang aja, coba dech tips and trick berikut ini, semoga bermanfaat…
Ada tiga persiapan awal . . .
Pertama, atur jadwal. Ambil kalender, kertas kosong, sama pulpen, trus bikin jadwal yang rapi. Jangan lupa bikin list tanggal-tanggal penting.
Kedua, pilih lokasi ujian. Kamu mesti cari tau dulu, di kotamu ada lokasi USM-STAN nggak? Klo gk ada, pilih lokasi USM terdekat or paling mudah dijangkau dari kotamu. Dan inget, nggak usah maksain diri ikut USM di Jakarta, nggak ngaruh men! Malah mending ikut USM di kota kecil aja, nggak macet, adem lagi . . .
Ketiga, pertimbangkan ujian lain.
Kalo kamu juga mo ikut SPMB, pertimbangkan juga lokasi ujiannya. Usahain ikut USM-STAN dan SPMB di satu kota aja, coz’ biasanya kedua ujian itu cuma selisih satu atawa dua hari.
Saatnya B.E.L.A.J.A.R … … …
Satu hal yang mesti kudu: kenali tipe soal. Di USM-STAN ada tiga bagian soal Ujian: Tes Kemampuan Umum, Bahasa Indonesia, ‘n Bahasa Inggris. Jumlah soalnya 180, rinciannya:
Bagian Soal Jumlah Soal
Tes Kemampuan Umum (TKU) 120
Bahasa Indonesia 30
Bahasa Inggris 30
Nah, kamu mesti kenalan dulu sama tipe-tipe soalnya . . .
Tes Kemampuan Umum (TKU). Sebagian besar soal TKU mirip sama soal-soal tes IQ (Inteligent Quotient, buat ngukur kecerdasan). Sisanya, soal-soal pengetahuan umum yang menguji wawasan kamu, termasuk masalah topik aktual (current issue). Jadi, kamu mesti banyak latihan ngerjain soal-soal tes IQ dan rajinlah baca teve – nonton koran (eh, kebalik. baca koran – nonton teve).
Bahasa Indonesia. Ah, Bahasa Indonesia, gampaang..! Eit, jangan sombong dulu, banyak yang terjebak di sini. Soal BI di USM-STAN sedikit beda sama soal BI untuk UAN or SPMB. Di sini, banyak soal EYD, itu lho, Ejaan Yang Disempurnaken! Jadi, mesti dipelajari beneran. Okeh…
Bahasa Inggris. Soal-soalnya, mirip sama soal-soal UAN/SPMB. Cuma di sini banyak soal structure. Soal-soal vocabulary-nya sulit lho.. so, harus belajar keras …
What next? rule of the game. Ada yang unik di USM STAN: aturan nilai mati. Begini fren, soal USM STAN terdiri dari 3 bagian. Dari masing-masing bagian itu, harus dijawab dengan benar minimum 1/3-nya. Jadi jumlah minimum yang harus benar dari masing-masing bagian soal itu adalah:
Bagian Soal Jumlah Minimum Jawaban Benar
Tes Kemampuan Umum (TKU) 40
Bahasa Indonesia 10
Bahasa Inggris 10
Kalo salah satu dari 3 bagian soal itu jumlah jawaban yang benar kurang dari 1/3-nya kamu dikenakan nilai mati, yang berarti kamu otomatis gugur. So, be careful guys…
Jangan lupa pelajari Modul Belajar dari INDONUSA EDUCATION. Buku Modul Belajar dan Latihan Ujian yang kamu terima dari INDONUSA EDUCATION, akan sangat membantu persiapan menghadapi ujian. Menurut pengalaman (cie..) tipe soal yang keluar tiap tahunnya hampir sama, cuma beda variasi. So, Modul Belajar dan Latihan Ujian jangan cuma buat pajangan di meja belajar.
USM Countdown . . .
H-2
Dua hari sebelum ujian. Kalo kamu ikut ujian di luar kota, usahain tiba di kota itu dua hari sebelumnya. Manfaatnya, kamu bisa istirahat dulu.
H-1
Sehari sebelum ujian. Sambil refreshing, kamu mesti cek lokasi ujian, dateng langsung ke sana, cari nomor tempat duduk kamu, biar nanti pas ujian nggak kebingungan nyari-nyari tempat. Pulang dari sana, kamu bisa belanja alat tulis pensil 2B, penghapus, rautan, dan alas tulis. Malemnya, jangan begadang, time for rest . . .
Hari-H
Saat Ujian tiba. Kriii…ng, bangun pagi. Mandi, sarapan pagi, siap berangkat ke lokasi USM. Pake jam tangan ya, supaya kamu bisa merencanakan alokasi waktumu waktu ngerjain soal. Sebelum berangkat, jangan lupa minta restu Bokap sama Nyokap. Inget, restu orang tua tu salah satu doa yang paling ampuh loh.
Just-in-time. Usahakan tiba di lokasi ujian minimal 30 menit sebelum ujian dimulai. Kalo terlambat, kamu bisa grogi, nggak pe-de.
Detik-detik Ujian. Soal dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dibagikan soal TKU dan Bahasa Indonesia. Trus tahap kedua dibagikan soal Bahasa Inggris. Waktu untuk ngerjain tiap soal ±1 menit. Tapi nggak usah keburu-buru, waktunya cukup kok.
Step-by-step
Siap-siap… berdoa dulu donk sebelum ngerjain soal, trus periksa lembar soal, dan lembar jawab barangkali ada yang kurang atau cacat.
Tee..t
* GO! Kerjakan soal yang mudah dulu, jangan terpaku pada satu soal yang sulit, coz akan menyita waktu kamu. Bobot nilai soal yang sulit dan yang mudah kan sama aja. Kalo kamu habisin waktu buat ngerjain 1 soal sulit, yang sebenarnya bisa buat ngerjain 2 soal mudah, berarti kamu udah bikin kerugian bagi diri kamu sendiri kan?
* GO!Kadang memang ada soal yang sengaja dibuat nggak ada jawabannya, jadi jangan terkecoh dan memaksakan diri untuk menjawabnya.
* GO! Ga usah liat ke kanan-kirimu. Kalo ternyata peserta di sebelahmu kelihatannya lebih jago, kamu bisa grogi. Santai aja. Yang bisa ngerjain soal paling banyak dan paling cepet belum tentu lulus kok!
Tee..t Finish. Setelah semua prosesi ujian selesai, kamu tinggal berdoa. Tawakal…
ATTENTION . . . !!!
Soal-soal yang harus diperhatikan.
Soal TKU tipe urutan. Misalnya, “Di sebuah acara ada 6 orang (A,B,C,D,E,F) yang harus berpidato dengan aturan; B pasti menjadi penutup acara, F berpidato setelah C, E tidak pada urutan pertama pidato dan A & B setelah F baru berpidato”. Soal ini merupakan salah satu soal yang paling banyak menguras waktu untuk berpikir. Jadi, kerjakan soal tipe ini pada saat kamu sudah tidak bisa mengerjakan yang lainnya. Namun biasanya dalam satu kasus di atas akan menjadi 4-6 soal yang berarti mempunyai banyak poin. Untuk lebih baiknya, sering-seringlah berlatih dengan jenis soal seperti ini.
Soal TKU tipe penalaran. Kuncinya: jangan terpaku pada realitas yang ada di dunia ini. Misalnya saja, “Jalan tol hanya untuk kendaraan roda 4, sedangkan becak beroda 4, maka…”. Jika memang soalnya begitu, pasti jawabannya “becak boleh lewat jalan tol” atau yang pengertiannya sejalan dengan itu. Jangan bersikeras dan terpaku pada kenyataan bahwa becak beroda 3 dan tidak boleh lewat jalan tol. Sekali lagi, asumsikan bahwa semua pernyataan pada soal adalah benar.
Soal Bahasa Indonesia. Pada soal wacana, perlu diperhatikan bahwa jawaban soal yang diminta nggak seperti jawaban yang diminta pada saat mengerjakan ujian biasa (biasanya semua jawaban seolah-olah bisa menjadi jawaban yang benar). So, sering-sering aja ngerjain latihan soal sambil nyocokin jawabannya. Dengan metode itu, lama-kelamaan kamu akan bisa menebak jawaban yang diminta oleh soal itu (percaya deh!!).
Soal Bahasa Inggris. ga ada triknya =P. Cuma kalo kemampuanmu terbatas (cuma bisa ngerjain sedikit soal), “tembak” aja yang lainnya untuk memenuhi ketentuan nilai mati (1/3 soal harus terjawab benar). Yups, itulah beberapa tips dan trik menghadapi USM STAN. Memang tidak ada jaminan bahwa dengan membaca dan mempraktekkan semua yang kami paparkan di atas kamu bisa lulus USM STAN 2007, tapi paling tidak kami berharap semua yang kami tulis dapat berguna bagi kamu semua. Tetaplah berdoa dan berusaha. Sampai ketemu di Kampus STAN. (bw)
“Thinkin’ is the hardest work there is, which is probable reason why so few engage in it”

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment