Kumpulan Ilmu Pengetahuan, fakta, dan ragam dunia

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Make You Smarter -Ketahanan Nasional memiliki sifat-sifat sebagai berikut : 1)   Manuggal Antara trigatra (aspek alamiah)dan pancagatr...

Sifat-Sifat Ketahanan Nasional


Make You Smarter -Ketahanan Nasional memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
1)  Manuggal Antara trigatra (aspek alamiah)dan pancagatra (aspek sosial).
          Sifat integratif tidak dapat diartikan mencampuradukan semua aspek sosial tetapi integrasi dilaksanakan secara serasi dan selaris.
2)  Marwas Ke Dalam
          Tannas terutama di arahkan kepada diri bangsa dan negara itu sendiri, karena bertujuan mewujudkan hakekat dan sifat nasionalnya sendiri. Hal ini tidak berarti bahwa dianut sikap isolasi atau nasionalisme sempit.
3)  Berkewibawaan
          Tannas sebagai hasil pandangan yang bersifat manunggal tersebut mewujudkan kewibawaan nasional yang harus diperhitungkan oleh pihak lain dan mempunyai daya pencegah.
4)  Berubah Menurut Waktu
          Suatu bangsa tidaklah tetap adanya, dapat meningkat atau menurun dan bergantung kepada situasi dan kondisi bangsa itu sendiri.
5)  Tidak Membenarkan Sikap Adu Kekuasaan dan Adu Kekuatan
          Konsep adu kekuasaan dan adu kekuatan bertumpu pada kekuatan fisik, maka sebaliknya ketahanan nasional tidak mengutamakan kekuatan   fisik saja tapi memanfaatkan daya dan kekuatan lainnya, seperti kekuatan moral yang da pada suatu bangsa.
6)  Percaya Pada Diri Sendiri
          Ketahanan nasional dikembangkan dan ditingkatkan berdasarkan sikap mental percaya pada diri sendiri.
7)  Tidak Bergantung Kepada Pihak Lain.

0 coment�rios: