PENGALAMAN BERSAMA BNI: LIFE GETS EASIER #70TahunBNI

Posted by Education World on Friday, 27 May 2016





 “A penny saved, a penny earned”.

Ya begitulah kalimat yang aku baca di majalah Bobo ku dulu. Waktu kecil memang gemar banget menabung. Tiap sekolah, aku yang dikasih uang saku sebesar 5000 hampir selalu kusisihkan 1000 untuk kutabung di celengan kesayanganku yang berbentuk kapten slam-dunk. Iya slam-dunk. Lucu banget memang wadah nya ini, -that’s why I’m on fire for saving money-. Kucemplungkan penny demi penny dengan harapan bisa foya-foya beli es krim 1 truk di akhir tahun. Akhir tahun pelajaran pun tiba, saatnya menghancurkan celengan ini dan melihat harta karun firaun yang telah kutimbun sebelumnya. 

“HEHHHHHHH, WHERE DID ALL MY MONEY GO??!!”

Panik dong. Ekspektasi ratusan ribu terkumpul ternyata cuman ada 26000 di kantong. Harapan beli es krim 1 tronton sirna seketika. Huft. Kezel ternyata dibawah celengan selama ini ada lubang, yang setiap hari diambil ibukku untuk masak sayur. Money in,money out ini namanya. Sempat kesal dan kerajinanku untuk menabung vakum 8 tahun. Haha. 2 periode presiden cuy ga nabung.
Sampai akhirnya aku duduk di bangku SMA kelas 2. Waktu itu aku menang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang fisika tingkat Kabupaten Sukoharjo. Ya pasti dapet hadiahlah ya. 3.5 juta rupiahhh yeay. Seneng banget anak desa umur 16 tahun dapet uang segitu banyaknya. Ya ampun udah kepikiran beli ini itu main sana sini. Sebelum pulang kerumah, ku sempat berpikir, bagaimana ya uang ini bisa aku pegang sendiri tanpa campur tangan orang tua biar ga bocor lagi haha. Sampai akhirnya aku kenal yang namanya BANK. 

Telat banget emang umur 16 tahun baru kenal bank, padahal ujian ekonomi tiap hari bahas bank, murabahah, mudharabah, dan hah hah hah yang lain. Tapi, setelah ku pergi ke bank BNI cabang Kartasura -place where I born-, ternyata ada syarat tanda tangan orang tua. Huft. Mau kemanapun tetap harus kasih tau orang tua kayanya. Akhirnya setelah submit formulir pembukaan rekening, foto copy akta kelahiran, dan KTP orang tua, tadaa… My very first bank account had been created. Gila senang sekali waktu itu ditambah dikasih kartu debit pula sama pihak banknya.

Setelah punya kartu debit sendiri, hidupku terasa lebih mudah waktu itu. Apalagi pas masa kelam penuh penderitaan, kelas 3 SMA. Dimana masa-masa ini, aku harus bayar buku sana sini, beli buku online, bayar try out, dan huftina huftina lainnya yang bikin kantong jebol. Namun, kemudahan membayar mulai kurasakan saat itu. Aku tidak perlu membawa uang tunai, pergi ke tempat mas/mbak penyelenggara try outnya, bayar, dikasih kembalian receh, pulang. Haha. Ga seperti itu. Aku cukup mentransfer sebesar nominal yang disebutkan lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), ketik nomor rekening tujuan, dan voila, masalah sudah selesai. Wuih, canggih juga jaman sekarang. Aku memang merasa ketinggalan daripada anak kota lainnya, tapi setidaknya aku merasa diriku paling canggih di keluargaku haha. Di masa SMA ini, penggunaan akan kartu BNI hanyalah sebatas membayar, tarik tunai, dan hal kecil lainnya. 

Hingga akhirnya aku diterima di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2014, aku sangat senang sekali, karena merupakan orang pertama dari SMA ku sejak 4 tahun yang lalu. Bangga sekali. Namun bangga itu perlahan berubah menjadi sedih. Sedih karena aku dan dia terpisahkan 840 km eaa, sedih karena sekarang makan tidak gratis lagi, sedih karena harus terpisah sama orang tua. Kehidupan awal di bangku perkuliahan terasa sangat berat. Apalagi karena uang jajan yang semakin berkurang. Untunglah ada BNI yang menjadi jembatan antara aku dan keluarga ku. Lewat BNI lah orang tuaku mentransfer uang jajan bulananku. Keuntungan memakai BNI semakin kurasakan. Banyaknya ATM yang tersebar di sekitar kampusku membuat kemudahan dalam bertransaksi semakin terasa. Dari asramaku di daerah cisitu, Kota Bandung, setidaknya ada 3 ATM terdekat yang bisa aku capai. Ini merupakan yang paling banyak dibandingkan bank lain lo. Jadi ga perlu repot repot juga naik angkot pergi 2000 perak pulang 2000 perak.

Di kampus, aku mengikuti unit kebudayaan Keluarga Paduan Angklung (KPA ITB) dan cukup sering juga ikut kepanitiaan kampus. Saat itu aku tergabung dalam tim sponsorship dan disitu aku baru mengetahui, kalau BNI ternyata punya program Sosial-Masyarakat juga, dimana BNI memberikan sumbangan dana bagi kegiatan-kegiatan di kampus sebagai wujud baktinya terhadap masyarakat dan mahasiswa. Gila, BNI keren abis. Berkat BNI ini, acara kampus ku bisa jalan dan aku bisa belajar berkemahasiswaan juga di dalamnya. Ternyata selain mensponsori kegiatan mahasiswa, wujud bakti BNI kepada masyarakat antara lain pemberian beasiswa, pelaksanaan kegiatan masyarakat seperti pembangunan selasar, dll. Mantab memang BNI.

Tingkat pertama di kampus ITB sudah kulalui dengan sedikit (re:sangat sangat banyak) menemui hambatan dan terjal dan sesak napas dan kurang tidur dan dan lainnya haha. Tapi alhamdulillah bisa lulus TPB. Waktu tingkat 2, aku mendaftarkan diri sebagai tutor Asrama Kidang Pananjung dan menjabat sebagai Tutor Keuangan Asrama Internasional. Nah, aku kembali merasakan kemudahan dengan BNI. BNI yang merupakan mitra resmi ITB dalam pembayaran asrama memberikan kemudahan bagi penghuni asrama, yakni dengan sistem host-to-host. BNI yang membuka kantornya di dalam kampus, menjadi sarana pembayaran uang asrama bagi mahasiswa bidikmisi. Mahasiswa tinggal bawa uang, serahin duit, udah deh, asrama lunas nas nas. Sebelumnya sistemnya ribet banget, kita harus bawa uang ke kantor asrama, dapat surat cap, terus balik lagi, terus kesana kemari, dannnn belum selesai juga haha. Dengan sistem host-to-host ini, mahasiswa jadi tidak ribet dan tentunya saya jadi tidak pusing untuk merekapnya hehe. Thanks BNI.

Manfaat lainnya pakai BNI adalah kemudahan dalam membayar tiket Kereta Api. Sebagai mahasiswa perantauan, tentu sakit kangen rumah alias homesick selalu melanda setiap saat (Bukan hanya Rexona saja). Nah, BNI menyediakan layanan pembayaran tiket online lo. Jadi, gaperlu tuh namanya antre 3 jam di stasiun panas panas ke Stasiun Bandung. Ongkos berangkat 5000, ongkos balik stasiun 5000 lagi, belum beli Pocari Sweat 12000, bisa tekor #SaveDuitAnakKos. Cukup pesan lewat aplikasi Tiket Kereta Api, catat booking code nya, bayar ke ATM. Sudah! Iya, gitu doang!. Selamat menikmati indahnya kampung halaman.

Sempat terbesit pikiran, kenapa BNI tidak membuat semacam cara gitu buat cek saldo jadi aku tinggal buka aplikasi atau sms dan tahu deh saldo ku tanpa jalan 100 m dulu ke ATM. -Yaelah mager banget Hanang-. Nah, kesel punya kesel, ternyata itu semua sudah dijawab oleh BNI. Haha. Suatu hari saat Dies Natalis, aku berkunjung ke Home Tournament yang diselenggarakan oleh Rektorat ITB bersama teman asramaku. Disitu ternyata BNI punya stand lumayan besar dan mbak penunggunya lumayan cantik. Ya itung-itung pdkt -padahal udah tua-, aku nanya-nanya soal keluhan ku tadi dan ternyata itu sudah dijawab oleh layanan BNI namanya SMS Banking. Yaampun sorry BNI sempet menggerutu tentangmu selama ini. Seminggu setelahnya, aku langsung aktifin deh. Cara aktifinnya ternyata mudah banget. Mau share juga langkah-langkahnya nih hahaha:
1.       Datang ke ATM BNI terdekat
2.       Pilih menu ‘Registrasi e-Channel’
3.       Pilih SMS Banking
4.       Masukin nomor ponsel
5.       Buat PIN
Terus kalo berhasil, kalian akan di SMS sama mbak mbak BNI nya lo. Tapi ada satu kekurangan ni kalo daftarnya lewat ATM. Berdasarkan penjelasan mbaknya kemarin, kita hanya bisa transaksi non-tunai seperti cek saldo, dll. Tapi I think it’s more than enough kok mbak haha. Kalo mau bisa transfer dan transaksi tunai lainnya, kita harus daftar lewat kantor bank dan ketemu mbak-mbak teller cantiknya. La enak kan.

Banyak lagi lo manfaat yang aku peroleh dari BNI ini. 5 tahun pakai BNI, aku ga pernah pakai yang namanya kartu debit buat belanja. Norak sekali memang. Sampai ketika kira-kira seminggu yang lalu, aku dan temenku pergi ke Toko Buku Gramedia. E ternyata disana lagi ada diskon 20% untuk all books dan 30% untuk pemegang debit BNI. Pikirku, yaudahlah beda 10% doang cash aja gapapa. E temenku ini malah bego-begoin aku. Ternyata kartu BNI ku selama ini bisa dipakai juga buat transaksi belanja dan banyak diskon menarik!. Ulululu senengnya minta ampun. Akhirnya aku dan temanku (Sebut saja Baim), beli 3 items buku, Games of Thrones, The Silmarillion dan Inferno. Total yang harusnya 400 ribuan, menjadi 340ribu saja. Sungguh nikmat Tuhan lewat BNI bagi anak kos irit macam saya ini. Semenjak tahu kalo ternyata kartu debit aku bisa buat transaksi belanja, aku jadi rajin buat liat promo di newsletter nya BNI haha. Oiya, ada aplikasi terbaru lo buat liat-liat promo menarik dari BNI. Namanya Kartoo. Hayo, ini seperti nya aplikasi wajib bagi anak kos pemburu diskon seperti aku haha. Tampilannya ntar seperti ini:


Bisa dicek setiap detik, menit, jam biar ga ketinggalan. #SaveDuitAnakKos. 

Itulah sepenggal pengalaman tentang kehematan, kemudahan, dan kenyamanan yang aku peroleh selama bersama BNI. Life gets easier. Aku yang dulunya norak banget tidak kenal yang namanya perbankan, sekarang malah tiap hari bergantung padanya. Dari mulai kiriman orang tua, uang beasiswa, transfer kebutuhan, diskon-diskon cantik, semunya ternyata ada di genggaman dengan BNI. Terima kasih Bank BNI.

Semoga selalu menjadi bank terdepan dan semakin meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk para nasabahnya.
Selamat Ulang tahun Bank BNI!
#70TahunBNI




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tulisan ini ditujukan untuk kompetisi blogging dalam rangka #70TahunBNI dengan tema Pengalaman Bersama BNI: Loyalitas terhadap BNI
Akun facebook : https://www.facebook.com/hananghimawan
Akun Twitter    : https://twitter.com/hananghimawan  

54 comments:

  1. sms banking itu gimana sih? gapaham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak khalif �� Sms banking itu gampang banget! As simply as learn ABC haha. Dengan sms banking, kita bisa melakukan transfer, pembayaran pulsa, tagihan utang kak khalif :p, dan transaksi lainnya cukup lewat SMS aja. Mudah banget kan kakk!! Registrasinya kalo mau simpel, cukup ke ATM dan ikuti petunjuk yg udah aku jelaskan diatas, tp itu hanya bisa transaksi non tunai. Kalo mau fasilitas lengkap, registrasi aja sms banking di kantor BNI terdekat dengan bawa identitas dan buku tabungan. �� Kalo masi kurang jelas, boleh lo nanya2 ke akuu hehehe

      Delete
  2. serius han banyak diskon??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius looo.. Aku juga baru tau kemarenn! Diskon nya gede2 lagi ada yang sampe 50%. Kalo mau cek diskon terbaru, install aja aplikasi 'kartoo' via playstore. Dijamin anak kos bakal makmur haha

      Delete
  3. serius han banyak diskon??

    ReplyDelete
  4. ada keuntungan lain nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bangett! Cuman yang baru ku explore yg kusebutin diatas. Masih banyak layanan lainnya seperti internet banking, yg bisa kamu gunain buat transaksi online. Kaya cairin rekening lewat paypal, dll.

      Delete
  5. Bagusssss. Abis baca ini jd mau buka rekening di BNI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas ryann.. Waah jadi selama ini belum punya rekening BNI yah ;( buruan buka atuhh.. Banyak diskon menarik lo!! Pizza express di kokas diskon 50% jadinya ;(( kemarin juga di gramedia jadi diskon 30% dengan BNI. Cihuyyy

      Delete
  6. sama aku juga pake BNI, skrg BNI pesat banget, atmnya ada dimana mana, dekwt rumah aja ada 4 atm ��. fasilitas e bankingnya juaraaaaa. pilihan tepatt hanang.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo nadinee.... Emang ga salah pake BNI yaa... Deket banget ga sih ATM nya jadi mudah bagi kita gaperlu jalan jauh haha. Wah, aku malah belum aktifin internet banking tuh. Share pengalaman dinn pake internet bankingnyaa hahahaa

      Delete
    2. deket rumah tinggal jalan keluar ada, deket kantor tempat kerja juga, kalo lagi pergi jauh, gak usah bingung atmnya ada dimana mana, mau cari yg pecaham 50rb atau 100 ada semuaa. pake internet banking sama enaknya kay layanan e-commerce yg lain, cuma ini lebih lengkap, gajian, tgl duduk bisa deh dipake bayar cicilan haha, bisa buat beli pulsa, jd kalo malem malem gada pls gaperlu khawatir, mama minta transfer juga gak. perlu keluar atm, mau transfer olshop apalagi.. pokokny gampaaang

      Delete
    3. waduu yang udah punya gaji ya ena banget haha. Aku belum coba si kalo e-banking nya buat beli online, tapi sepertinya menarik, soalnya banyak diskon juga hahaa... iya jadi gampang banget memang. Boleh la traktir aku saat gajian wkwkw :D

      Delete
  7. aku udah umur 19 tahun baru ngerti setor-tarik tunai doang hahaha. tulisannya bermanfaat banget, makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo arip.... Yah ;( di explore atuh dip layanan layanannyaa.. Dijamin ga nyesel lohhhh banyak bangett keuntungannyaaa!!!!!! Sebagai anak kos bidikmisi, keuntungan terbesar adalah d i s k o n wkwkwk

      Delete
  8. wah hanang bagus banget tulisannya, BNI juga memudahkan banget kalo mau bayar2 di kampus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo fadil,.. Iya, bener banget dill!! BNI sbg bank mitra ITB memang memudahkan mahasiswa banget! Mulai dari bayar asrama kemarin, bayar2 lomba, sampe bayar tagihan temen wkwkw. ATM nya paling banyak lagi dil di kampus hehe...

      Delete
  9. samaa, gue juga pake BNI, atmnya ada dimana-mana, jadi gampang kalo butuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ka resti... Bener banget mbak restii!! Memang sangat terjangkau bagi masyarakat, apalagi kaum mahasiswa males gerak (mager) seperti kita hahaha

      Delete
  10. wah mantap Hanang informasinya,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo razif... Terimakasih kembali ziff.. Udah nyoba layanan BNI yg mana aja ni zif? Hehe

      Delete
  11. Waah biarpun gw udah punya 2 akun bank, tp ga ada ruginya buat bikin akun bank BNI. Soalnya banyak benget keuntungannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo silfiaa... Wah, bener banget tuh! Apalagi discount hunter macam kita kita haha.. #SaveDuitAnakKos memang perlu ya sil.. Oiya, install aja aplikasi kartoo buat tau diskon diskon terbaru yang ditawarkan BNI ;)

      Delete
  12. Itu apakah ada syarat tertentu agar bisa mendapatkan sumbangan dari bank untuk kegiatan unit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anisaa... Enggak nis.. Kita cukup siapkan proposal sponsorship kitaa... Ntar tinggal follow up ke bagian CS nya BNI. Kalo di approve, ntar bakal dihubungin. Mudah lo faaa

      Delete
  13. Itu apakah ada syarat tertentu agar bisa mendapatkan sumbangan dari bank untuk kegiatan unit?

    ReplyDelete
  14. Udh pake BNI dan emang dhabesst sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo edyy... Emang ter dhabest ed! Partner narik uang kita buat beli es krim ya hahaha

      Delete
  15. Mantab reviewnya nang! Sukses terus.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo... Makasii! Sukses juga buat kamu. Yuk ikut lomba ini co, lumayan lo buat pemasukan. Dalam rangka #70TahunBNI πŸ‘πŸ½

      Delete
  16. Replies
    1. Halo sigit.. Wa makasi lo yaa.. Yuk git pakai BNI dan temukan berbagai layanan menariknyaaa

      Delete
  17. Keren banget bni, atmnya dimana mana ada..., artikel nya juga ngalir banget, jadi makin penget buka rekening bni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo frenkyy... Waa makasi banyak frenkyy.. Yuk, buruan buka frenk dan nikmati berbagai layanannya. Banyak pula diskonnya lo haha.. Baru kemarin pas hari buku nasional diskon 30% utk semua buku di gramedia dengan kartu BNI. Untung bangett buat beli braja 700 halaman haha

      Delete
  18. Mantaaap , bni mdalam jiwa memang luar biasaa, paling asik si atm dimana-mana, bisa ambil duit berapapun wkwk meski sisa saldo udah tinggal 50 rb haha, trus prlyananannya di kantor bni.nya juga nyaman warbiyasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget dinnnn haha.. Awalnya juga dari duit olimoiade ya kita haha... Bahkan pas kere kerenya kemarin saldo mencapai dibawah 50 ribu ;( kalo yang ATM terdekat emang bener bangett... Di kampus aja ada 2 atm, belum di depan kampus ada kantornya lagi. Memang mudah abissss...

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Sama nang gw jg pake bni. Ga nyesel gue . Salah satu atm paling mudah ditemuin di kampus-kampus (ga cuma satu kampus doang loh hehe). Hari ini gue sempet panik grgr janjian sama orang di stasiun namun tbtb paket gue habis dan pulsa gw pun ludes. Untungnya ada atm bni di depan stasiun itu (dan lokasinya diluar jd gw gaperlu beli tiket lg krn gue udh terlanjur keluar) dan akhirnya gw pun selamat :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ayeshaa... Banyak banget memang. Gw ke UI, UGM, sama ITB juga nemunya paling banyak BNI. haha.. Waaa BNI The saviour ya sa saat itu haha.. Wahh, aku aja belum nyoba ngisi pulsa lewat BNI, harus ke mbak2 konternya, ternyata semudah itu yaa... Great greatt!! Haha

      Delete
  21. Sama nang gw jg pake bni. Ga nyesel gue . Salah satu atm paling mudah ditemuin di kampus-kampus (ga cuma satu kampus doang loh hehe). Hari ini gue sempet panik grgr janjian sama orang di stasiun namun tbtb paket gue habis dan pulsa gw pun ludes. Untungnya ada atm bni di depan stasiun itu (dan lokasinya diluar jd gw gaperlu beli tiket lg krn gue udh terlanjur keluar) dan akhirnya gw pun selamat :3

    ReplyDelete
  22. Wah bener banget nih, BNI emang mempermudah nasabahnya terutama mahasiswa! wkwkw. Kaya misalnya pakai taplus muda yg biaya adm terjangkau, dan FYI aja yaaa si debit taplus muda ini gaada min. saldonya, jd bisa banget tarik uang di ATM walaupun saldo sisa 50rb-an, bahkan bisa juga tarik 20rb pas saldo sisa 20rb-an. Juara emang BNI!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dyahh.. Memang sahabat muda banget ga si yah haha. Biaya adm nya terjangkau banget cuman 5000 per bulan. Bener banget klo g ada min saldonya!! Kemarin pengalaman banget pas kere duit tinggal 53000 di account, lagi butuh duit banget, eh ditarik 50000 ternyata masih bisa. Terharu gw saat itu haha :"D

      Delete
  23. BNI life saver aku :) dlu bkin akun cuma buat beasiswa eh sampek skrg w pakek yeyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai amaa... Wah, ketagihan ya ma pakai BNI. haahaa.. Udah pakai layanan apa aja ni ma selama pakai BNI?

      Delete
  24. Keren hanang artikel dan reviewnya, jadi tau kemana cari info berburu diskon dg kartu debit BNI. Aku juga pake dan sejak pertama pake BNI taplus muda sampai sekarang jadi kebiasaan tiap belanja gesek, dikit2 gesek, pembayaran juga mudah lewat atm :)
    Selamat #70tahunBNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak fitrii.. Iya mbak, pake aplikasi kartoo aja kalo mau tau diskon terkini... Lumayan njamur diskon bikin anak kos sejahtera haha. Makan cantik ala ala jadi murah. Aku baru kebiasaan gesek2 baru kemarin mbak malahan. Hwaaa.. Ketinggalan...

      Delete
  25. Wahh, baru tau ternyata BNI ada aplikasi Kartoo nya. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo rismaa,,, iya ris. Lumayan kecil ko aplikasinya cuman 14 MB di play store. Untungnya gede haha

      Delete
  26. Ntar kapan-kapan main ke BNI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo joee... Yuk main main dan tanyakan ttg layanan-layanannya yg bikin kita menjadi mudah hehe

      Delete
  27. Persis kaya pengalamanku pake bni nang,memuaskan emang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan fung? Wahh kita memang selalu sama ya πŸ˜‚ Haha

      Delete
  28. BNI teh emang kartu mahasiswa bangetnii nang menurutku, kubilang begitu soalnya emang sangat merakyat buat mahasiswa program-programnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tul banget fahmii... Banyak lagi ya stand atm nya di kampus kita haha. Jadi ga perlu repot repot kesana kemari haha

      Delete