Kumpulan Ilmu Pengetahuan, fakta, dan ragam dunia

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Uwow it's been a long time since my last post in this lovely blog!! Post terakhir adalah iklan kartu BNI buat sebuah kompetisi yang hadi...

Cerita AOTULE Summer Exchange Program 2018

Uwow it's been a long time since my last post in this lovely blog!! Post terakhir adalah iklan kartu BNI buat sebuah kompetisi yang hadiahnya 50 juta klo ga salah, tp harus kalah sama dosen aing sendiri yang ternyata juga ikutan hehehe 😀

2 tahun terakhir, gue selalu curhat di twitter tentang kehidupan gue, tapi setelah difikir2 kurang berfaedah disana karena tidak terekspos publicly since akun gue private (krn banyak bacotnya ckck)

Oke, kembali ke topik, jadi aku tu ingin share (maaf klo bahasa switch aku dan gue since akutu anak kota setengah mateng😅) tentang pengalaman aku mengikuti program exchange di Tokyo Institute of Technology, Jepang hewhew.

Kembali ke kehidupan semester 7 aku yang sangat gabut, ini makul yang aku ambil di semester 7
keliatan banyak tp sebenernya gabut2 manja kerjaannya cuman goler guling ke kanan dan ke kiri di kosan, terus karokean dan gitaran di kos sama temen2, jalan2 ke lembang, ya pokoknya nirfaedah bgttt!!!. Aku kepikiran gimana kalo ikut lomba aja biar keliatan sibuk, gaenak kan dilihat orang2 "itu mahasiswa ITB kok gabut, katanya institut terbhaek bangsaa" HAHAHA. yasudin, kebetulan banget himpunanku lagi ngadain lomba ICEE ttg logistik pelabuhan. Dlam hatiku, 'hmm leh ugha' tp ngajak siapa yaa...aku kepikirannya anak TI becoz keknya mereka belajar logistik2 gitu seinget akuu.. yauda aku langsung chat mba mineta (the princess of WIKA, inceran semua pria, kecantikannya bikin blerengg semua orang) buat gabung tim lomba aku, doi terus ngajak mas jona (The king of TI ITB krn dia mapres TI 😋), terus aku ajak indira temen kelasku di sipil. Sebenernya udah dari dulu ngajak indira lomba bareng, tp eug selalu ditolak doi karena doi super sibuk (meanwhile gue idupnya goler2 all the time, sampe bingung karena saking gabutnya, abis tidur harus tidur lagi biar keliatan sibuk).

Berlanjutlah deh bahas lomba dan kehidupan nginep di Upnormal pun dimulai kembaliiii (btw spot terfavorit eug adalah di meja sharing upnormal DU, ok g penting, tp ini penting wkwk). Pas bahas itu, Jona tu bilang, 
eh guys yuk daftar exchange di web IRO ITB nama programnya AOTULE, ada 3 bulan ni ke Jepun
wow leh ughaa, terus gue langsung cek websitenya. Disitu dijelasin klo programnya fully-funded kecuali tiket pesawat (utk fullnya cek http://www.international.itb.ac.id/web/?p=11538)... Weh etapi ternyata deadline 3 minggu lagi dan syaratnya adalah sertipikat TOEFL/IELTS. Wadidaw digidaw digidaw akutu belum pernah tes bhs inggris samsek mana bahasa inggris w adalah javanese accent yg medok2 gt pokoknya sooo basic!!! aga panik sebenernya dan hopeless dan mager buat daftar, tp kata mas Chris Martin kan,
if u never try, u'll never know~
yowes w langsung nge chat Poeti surya (temen seperbrodolan since 1920 hahaha) buat pinjem buku TOEFL doi. DANNNNN turns out, doi juga lagi make bukunya karena jg lg mau tes buat daftar program exchange yang sama! wkwk.... wadu kok saingan 😅😅 krn eug misqin, dn tidak mampu beli buku TOEFL nya, yauda aku nunggu doi selesai baca (3 hari kemudian klo ga salah), dan langsung eug kebut wkwkw.. pas kuliah beton pak iswandi imran di hari jumat pagi, sampe aku hanya membaca buku longman ini demi skor yg lebih baik. dan ternyata, orang disampingku, mba miranda, jg lg belajar TOEFL buat ikut program ini juga. Waw, cukup kompetitif ini program wkwkwk, semua temanku ternyata berpartisipasi 😉 jadi jiper tp at the same time senang jg ada teman seperjuangan #yeahhh.

Long story short, gue cuman belajar TOEFL 3 hari karena mepet deadline bangett dan udah ngetag jadwal test biar sertifikat jadi sebelum deadline pengumpulan (takes 10 working days sertifikat nya jadi). Teringat bermalam di Ayam-ayaman resto buat latihan listening sama Uni Poeti sampe teler wkwkwk.

The day test ITP, APES BANGET ASELIII!!! Jadi ruangan samping w itu sedang ada karoke anak2 jd pas listening keganggu bgt, gue barely get the points of the listeners pokoknya (Alibi). kupikir "ah ini seruangan hasil listeningnya pasti pada jelek ntar,"...10 hari kemudian hasil keluar!! Pas lihat hasil TERNYATA ada yang listening nya dapat SEMPURNA FULL POINTS. Saat itu tersadar, Oh emang guenya yang bego berarti HAHAHAHA 😅 BUT.... Turns out skor gue dibawah minimum requirements program. Minim skor untuk ikut program ini tu 550, dan aku cuman dapet 547 (YaAllah if only i had more time to study bgt nyesel kenapa ga belajar dari dulu). Langsung curhat ke Uni Poeti ttg hasilnya, doi dpt 590 (superbbbb wagelasehhh). Tapi yauda pikirku, udah terlanjur tes masa ga dilanjutin daftarnya, balik lagi ke kata mas Chris Martin,
If u never try, u'll never know~
Gue beraniin tetep mendaftar DI HARI TERAKHIR BANGET, dan langsung lengkapin semua persyaratan. Oiya, persyaratannya ini yak,


abis jumatan eug langsung fotcop dokumen2 dan submit ke Kantor IRO ITB dibantu Uni Poeti (once again, poeti sgt berjasa dlm idup gue, #confettiblow), dn jadi pendaftar terakhir katanya. Alhamdulillah yg penting ke submit.

Seminggu berlalu, tidak ada kabar, 2 minggu berlalu tidak ada kabar... yowes mungkin belum jalannya kupikir, jadi aku lanjut fokus ke ngerjain lomba ICEE bersama mas Jona, mbak mineta, and mbak indira.

Gue sama Jona sebelumnya tidak pernah saling mengenal, tp kita jadi deket karena se-visi dan se-misi hahaha. Selipan cerita, di saat itu, aplikasi WA dihapeku gabisa dibuka dan minta di upgrade, and u know, problem hape android low-end apa? Yak, memori penuh wkwk. karena males ngapus2in data, aku tinggalkan WA untuk sesaat, lagipula main messenger kan line kan yah buat anak muda. Jadi ya kupikir siapa juga yang akan hubungi w di WA. #pemalas

Di suatu sore hari yang cerah, aku diajak makan delisius ramen sm my one and only amazing boy-friend, mas singgih #confettiblowagain. Katanya ramen paling sedap se-Bandung, ya aku mah cuman #halah aja krn emang bukan ramen-geeks. Pas makan ramen, gue tiba2 di chat mas Jona,
Nang dihubungi bu IRO lewat WA ga?
wadidaw wadidaw seketika langsung curious njir njir njir ternyata udah pengumuman. Tp gue hopeless krn ya ITP gue under requirements, tp ya ttp curious #Anaknyamemangoptimistik WKWKWKK.... gue paksa mas singgih buat teathering buat upgrade WA di hape w (100mb an) wkwk, dan check, dan BINGOOO!!! Ada WA, OMG gue langsung gemeter like "njir njir njir njir njir njir njir".... sayangnya gue tuh udah ganti hape skrg jd ga nyimpen skrinsyutannya, ternyata ada 2 pesan WA dari ibu2 IRO. WA pertama berbunyi;
Selamat Hanang, Selamat kamu lolos seleksi buat ikut AOTULE Summer Exchange Program di Tokodai bla bla bla
TAPIIII!!!! ADA TAPINYA GEDE BANGETTTT NGET NGETTT... Ada WA susulan yang dikirmkan 2 jam yang lalu yg isinya
Mohon maaf Hanang, karena kamu tidak membalas WA saya, peserta saya alihkan ke orang lain
Gue langsung "njir njir njir njir njir njir njir" gils hilang golden ticket gue krn gue kudet dan saat itu gue udah ga selera makan ramen lagi. Tapi mas singgih selalu menenangkanku dan yakin ku bisa mendapatkan tiket itu kembali. Aku WA balik ibu IRO nya memohon letih lunglai lesu utk bisa diloloskan lg dgn alasan tidak buka WA krn sibuk ujian *memang pas itu lg musim UAS guys* wkwkwk jadi bukan totally ngeles yah 😅

Terus keesokan harinya aku samperin ibunya di kantor, dan Alhamdulillah wasyukurilah ternyata aku masih bisa ikut HUHUHU suka sekali suka sekali suka sekaliii~ #JKT48ModeOn... Tidak terbayangkan apabila hidupku tanpa mas singgih saat itu, hmmm, bye exchange

Sebenernya aku lolos baru tahap di ITB, belum fix bgt. Jadi kaya IRO setor nama aku dulu kita ke pihak Tokyo Tech nya, apakah dia mau menerima aku ato ga wkwk. Need one week buat Tokyo Tech ngasih keputusan. Seminggu kemudian, pihak tokodai ngasih kabar klo aku lolos lewat telpon, seneng bgt waktu ituuu!!!! waktu itu dihubungin pas aku lagi di Stuta CIBE, dan lagi sendirian abis bimbingan TA, dan eug teriak kegirangan. mungkin klo waktu itu terekam cctv, bisa dijadikan meme.

Oiya, btw lombaku yang sama mas jona itu akhirnya menang guys fyi wkwk, luv u guyss!! ini fotonya:
Ganesha Ancre team

DAN VOILAAA ITULAH PERJUANGANKU MENDAFTAR!! YAAMPUN BARU CERITA DAFTARNYA AJA UDAH BANYAK DRAMANYA BELUM MASUK KE CERITA PAS EXCHANGE NYAA...

long story short, aku berangkat 2 juni, sebenernya ada drama lain in between, kaya perjuangan gue nyari tiket murah garuda yang gagal di Kota Kasablanka (ditemani mas singgih lagi), Surat eligibility dari tokodai yang dikirim salah alamat karena aku ngasih alamat palsu wkwkwk, emang aku anaknya bacot, jd ini blog mau cerita program exchange aja ada mukaddimah sejam dulu wkwkwkk.. Maap netijen 😅

Pas berangkat ke soetta ditemani sm Kak ndiko (my super partner dalam mengemban amanah sebagai kordas mata kuliah Rekayasa antar moda, yg sebenernya dia yg lebih layak disebut sbg koordas in operational lyf *anaknya memang gatau diri* wkwkwkwk) and again the luvlies singgih wkwkwk..
luvly singgih
master ndiko
senang sekali punya teman2 yg sangat baik, oiya tidak lupa dikasih sumbangan sm anak panti berupa seperangkat survival kit tidak lain tidak bukan indomie goreng....
#team
Okee sekarang mulai masuk cerita inti programnya HAHAHA
Menurut aku program ini recommended banget bgt bgt karena fully funded (exclude tiket pesawat tapi, bisa nyari dari sponsor kayak ikatan alumni) dan terorganisis banget. Entah emang dasarnya orang Jepangnya yg terlalu rajin ato apa tapi bener2 itinerary mereka keren bgt. Keberangkatanku itu baru 3 Juni, tapi Key Information soal apa yang harus dibawa, disana bakal ngapain aja, apa do and dont nya udah didistribusiin sejak awal Februari. Total ada 10 email sebelum keberangkatan.

Ini kalender kegiatan akuu selama disini,



jadwal kegiatan AOTULE 2018
Emang udah tertata bgt jadi gabakal bingung mo ngapain disini WKWKWK. Dan aku sangat bersyukur dapat koordinator program yang super duper baik bgt dan keibuan. Namanya Ms.Yasuko Kuriyama. Dia kaya ibu gue gitu disini yang selalu nginegtin buat minum banyak2 (since disini lg extreme summer, 42 derajat ceuuuuuu!!!!), ngasih info2, nanyain kabar gt2 deh tiap minggunya, so luvlyyyyy...

Di Jepang ngambil SKS apa aja Nang?
Disini aku wajibnya cuman ngambil 2 makul, satu bahasa jepang dan satu namanya High Tech Japanese. 3 minggu pertama program diisi dengan #Coolyeah tentang bahasa Jepang dan High Tech Japanese. Oke gue bahas kelas Bahasa Jepang duluu..

suasana kelas bahasa jepang
Di kelas ini, aku gabung sama anak dari program lainnya yg gue lupa nama programnya, YSEP kalo gasalah. Tapi anaknya asik2 bgtt!! Ada yg dari jerman, maroko, india, UAE, dkk, oiya sama ada yg dari prancis, dia super crazy rich gt lol, hal pertama yg gue liat ketika bertemu dia, hmmm bajunya Gucci, eh tasnya prada, wow sepatunya versace wkwkw. Apalah eug yang beli sepatu aja nunggu diskon50%+20%+10% dulu (klo bisa nunggu sampe tokonya ngasih cashback) 😂 Kelas ini belajar bahasa jepang lebih ke daily survival gt, jadi ga banyak bahas grammar, cuman pelajarin frasa2 yang penting buat kehidupan sehari2 kaya nanya toilet dimana, berapa harga baju ini, dkk gitu de, terus 3 jam perhari dan setengahnya adalah practice #nice. OIYA!! Diakhir kuliah ada ujiannya :( Inget banget dari 30 pertanyaan cuman bisa jawan 20, but that was already the best of mee!! fyi: temen samping gue nyontek gue HAHAHAHA
contoh tugas setelah kelas: bikin ads buat restoran dlm bahasa jepang
Terus makul kedua yg eug ambil adalah High Tech Japanese. Ini seruuu banget pars pars parss... Jadi kita ceritanya diajak study tour gitu ke perusahaan2 yg sekiranya menunjukkan keunggulan Jepang dalam bidang teknologi. Gue tu awalnya kurang tertarik kan since klo ekskursi di kampus ke company2 gt biasanya boring bgttt dan panas dan ngantuk dkk. Tapi ini beda banget!! Kunjungan pertama itu ke Tokyo Gas,yg terletak di daerah Minato, Kawasan Tokyo Bay. Ini adalah perusahaan penyedia listrik dari LNG gt deh. Rombongan dijelasin slidenya di meeting room VVIP yg viewnya Jembatan ini keren bgt aseliiiii!!!! berasa bos microsoft gue disitu wkwkk...
ekskursi ke TokyoGas
Eksursi kedua adalah ke pabrik baja, panas bgt aseli karena melihat blast furnace dari jarak yg sangat dekat. Rasanya kaya neraka bocor disituu wkwk. Oiya!! Ketemu sama anak ITB disini!! waktu kenalin namanya pas presentasi, doi "my name is febri, blablabla".. dalam hatiku sudah "hmmm namanya so indonesian" wkwk... terus pas presentasi dia tiba2 nanya ke audiens "R there any students from indonesia here" hmmm pasti dia nanya gitu krn melihat ada sesosok makhluk yg bermuka jawa disini, *me langsung angkat tangan* wkwkkw... Mas febri ini lulusan Teknik Material 2009 yg kemudian lanjut master disini, so cool.
ekskursi ke JFE Steel
Ekskursi ketiga adalah ke laboratoriumnya Shinkansen. Siapa sii yg ga tau shinkansen ye kannn!! Kereta api cepat pertama kali di dunyaa #KataMereka yg clock speed nya bisa sampe 300 km/jam. Ini menurut w ekskursi paling in line dengan jurusan w sii krn aku ambil makul rekayasa jalan rel juga di semester 8 (meskipun kehadiran cuman 50% #AtauMalahKurangYa hehehe). Dijelasin history of Shinkansen, details engineeringnya, alat2 yg digunakan untuk testing Shinkansen dll. Keren bgt soalnya aku hands-on experience langsung nyoba simulasi alat utk kereta api dalam keadaan gempa, trs nyoba jg simulasi boogie dalam keadaan angin kencang dll. Pokoknya user experience itu penting bgt bagi mereka sehingga perlu ada alat simulasi macam begini. Oiya ukuran rel shinkansen itu 1435mm yakk alesannya biar lebih stabil dan puluhan alasan lainnya *punten ada di slide*

ekskursi ke RTRI
Ekskursi keempat adalah ke NHK Broadcasting, stasiun TV terbesar di jepang. Disini kita liat bagian RnD nyaa, gue baru tau perusahaan TV pun ada bidang rnd udh kaya chemical company ye gaa.. ternyata mereka selama ini mengembangkan 8K Broadcasting!!!! disaat TV dirumah gue masih HD dia udh 8K guyss, blerengg guyss blerenggg!!! wkwkw (link if u didnt know what i mean https://twitter.com/bucinpiciway/status/1032632256483872768). Selain itu, mereka juga lagi ngembangin smartphone 3D, konsepnya adalah menyempilkan, halah apa si bhs indonya insert wkwk, diantara objek dan mata kita, dan ini ga perlu kacamata khusus buat liatnya, real langsung. Tapi kelemahannya, msh belum bisa dinikmati 180 derajat, baru 60 derajat sudut pandangnya.

3D Smartphone
Ekskursi ini menurut gue bener2 membuka mata najwa gue tentang teknologi Jepang yg mmg super duper cwanggih. Gue sampe jaw-dropping mulu setiap mereka jelasin, ya maap aga sedikit norak mmg hehehe. Ekskursi ini diselenggarain 2 minggu sekali dan setelah ekskursi disuruh bikin essay tentang kunjungannya, apa yang diamati selama kunjungan, dan apa korelasinya dgn bidang jurusanmu...

Apa yang kamu kerjain di Jepang, Nang?
Well, tujuan utama disini adalah melakukan riset. Jadi pas pendaftaran memang ada kolom untuk ngisi "What's ur research plan". Pas ini aku ngisi ngasal banget. Bahkan menurutku aku ngisinya bukan sebuah plan, tp malah ngisi pengalaman lombaku yg menulis paper ala2 gt wkwk. Pokoknya absurd banget. Tapi pas aku mau berangkat, aku mantebin diri dan nyusun topik apa yang perlu aku kerjain disana. Aku bayanginnya bakal ngelanjutin TA ku (since aku gagal sidang sebelum berangkat) di Asakura lab (Oiya, supervisorku disini namanya Professor Yasuo Asakura dan labnya namanya Asakura Lab). Tapi pas email-email an sama sensei seminggu sebelum berangkat, beliau ngabarin kalo di labnya tidak punya software yang aku ingin gunakan buat ngelanjutin TA ku (fyi nama software buat TA ku adalah EMME/4, software buat menyimulasikan traffic secara makro). Duh pas denger kabar itu w langsung "wew terus gue disana nanti riset tentang apaan dong, wew berarti gue 3 bulan ga bakal neA dong, dan banyak ke- wew wew-an lainnya". Tapi w mikir 'yakali gajadi berangkat, yoweslah sikat ae' wkwk..

Pas datang pertama kali ke lab, AKU LUPA KALO UDAH JANJIAN SAMA ASAKURA-SENSEI HARI ITUU... Pas keluar kelas, aku langsung caw pulang. Ditengah jalan aku dijegat sama ibu Yasuko yg ngingetin klo aku ada janji sm sensei hari itu, wew aku lupa parah sampe merasa bersalah sama sensei. udh takut bgt itu mana orang Jepang terkenal tepat waktu kan ya, ini gue bukan lg ga tepat waktu, malah lupa waktu udahan wkwk.. Aku dateng ke labnya sambil ditemanin tutor gue disini (Anak S2 namanya Ogashira). Kupikir dia bakal marah karena aku lupa klo ada janji, tpppppp beliau ternyata baik bgtt :") masih senyum sama guee wkwkwk..

Aku langsung jelasin ttg topik TA ku dn bla bla nyaaa, beliau langsung nyaranin aku untuk nulis paper ttg framework perhitungan transit-shifting dari private vehicle ke bus akibat implementasi busway sajaa.. aku langsung berfikir "hmmm kok susah" wkwkw, trs aku bales "ga mending nerusin TA aku aja toh prof yg bagian desain?" trs beliau jawab "itu terlalu gampank "😓😓 malu akutuuuu wkwkwk udah gampang tp TA ga selese selese lol bye... Terus sensei langsung ngasih aku buku referensi buat nyelesain paper ini, semuanya terbitan MIT press aku hanya bisa menghela nafass...

Aku langsung kalkulasi waktukuu. Di jadwal, aku harus udah present paperku tanggal 8 Agustus, yang berarti aku hanya punya waktu 2 bulan 3 hari untuk nyelesain paper ini dengan topik yang masih cukup asing bagikuu. Aku buat timeline di post-it pokoknya studi literatur satu bulan, satu bulan buat nulis papernyaa.. Long story short dengan segala jatuh bangun dan penderitaannya, akhirnyaaaaa VOILA

Satu2nya foto dari paper gue yang gue take wkwk
Paper aku tu baru jadi 3 hari sebelum presentasi apa yaaa, udah panik

Ogashira-san ngasih aku tempat duduk di deket Liu-san, yang setelah kenalan ternyata orang Cina mainland. Baik bgt! partner ku dalam berbelanja kebutuhan sehari2. Jadi hampir setiap hari setelah nge-lab kita pergi ke supermarket bareng buat makan malam ckckk.. Kalau dateng ke supermarket harus diatas jam 8 karena semua barang (terutama makanan) akan diskon ada yang nyampe 70%, jadi klo dateng kecepetan, biasanta kita nunggu di taman sambil cerita kehidupan masing2 #ceilah. 
Oiya, di program ini tiap orang di-assign sama 1 tutor kok yang bakal dampingin kita in case kalo ada apa2, kaya seringnya dia jadi translator english-japanese since banyak banget orang jepang yang gabisa bahasa inggris, bahkan kaya orang2 di kantor pos sama imigrasi gitu ga bisa juga, disinilah peran seorang tutor ituu...

Berapa Beasiswa yang Diberikan?
Aku kemarin alhamdulillah dapet beasiswa dari JASSO, jadi aku kemarin ga repot2 nyari beasiswa gitu si, soalnya setelah dinyattakan keterima sbg summer exchange student, si kampusnya yang bakal nyariin beasiswa #baikbets... Dapetnya 80000 yen kotor. Kemudian dipotong untuk biaya lain2 dorm sebesar 17000 yen, jadi nyisa 63000 yen bersihnya....

This post is still going on and will be updated as soon as i have any spare time again #soksibuk

0 coment�rios: